Rekomendasi

Please Stand by: Kisah Perjuangan Anak Autistik untuk Mandiri

Penulis: Mas WOW | Jumat, 20 Agustus 2021

Film Please Stand by menceritakan petualangan seorang anak autistik bernama Wendy yang ingin mengikuti lomba penulisan naskah film dari studio terkenal Paramount Studios. Kesehariannya, Wendy tinggal di sebuah panti untuk orang dengan kebutuhan khusus, di mana ia didampingi oleh seorang perawat bernama Scottie. Wendy bekerja keras menulis sebuah naskah untuk acara favoritnya, Star Trek, sebanyak 450 halaman. Ia ingin mengirim naskah buatannya ke sebuah sayembara berhadiah $100,000 besutan Paramount Studios.

Judul film Please Stand by berasal dari kalimat yang diajarkan Scottie kepada Wendy untuk mengalihkan pikirannya ketika gugup atau panik. Scottie juga mengajarkan Wendy agar dapat berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.

Perjuangan Mengikuti Lomba

Suatu hari, Wendy dikunjungi oleh kakaknya, Audrey. Audrey menunjukkan foto anaknya kepada Wendy dan bercerita bahwa ia akan menjual rumah tempat mereka berdua tinggal ketika kecil. Hal ini membuat Wendy memohon kepada Audrey untuk dibawa pulang. Dalam pikirannya, ia ingin membantu Audrey membesarkan anaknya dan juga memenangkan sayembara, sehingga Audrey tidak perlu menjual rumah mereka. Audrey menolak dan mengatakan kepada Wendy bahwa dia tidak akan mampu melakukan semua itu. Wendy pun menjadi sedih atas respon yang diterimanya.

Wendy percaya, jika ia bisa memenangkan sayembara maka seluruh permasalahan akan selesai. Namun ternyata ia terlambat untuk mengirimkan naskahnya menggunakan jasa kurir. Wendy pun memutuskan untuk mengantarkan sendiri naskah yang dibuatnya. Ia kabur dari panti dan melakukan perjalanan untuk mengantarkan naskahnya. Perjalanan dimulai bagi Wendy untuk memperjuangkan naskah yang telah dibuatnya.

Lantas, Wendy banyak mengalami beragam peristiwa yang mempersulit perjalanannya. Karena ia tidak tahu bagaimana kondisi ‘dunia nyata’, misalnya banyak orang ingin memanfaatkan kelemahan orang lain. Tapi, tidak sedikit juga orang yang ditemui Wendy bersedia membantunya untuk mencapai tujuannya.

Setelah melewati berbagai rintangan, Wendy berhasil mengumpulkan naskah buatannya tepat waktu. Dia pun menyampaikan kepada Audrey bahwa dia ingin membuktikan dirinya dapat berjuang untuk mencapai suatu tujuan. Pada akhirnya, Wendy gagal memenangkan sayembara yang diikutinya. Namun di luar itu, Wendy telah berhasil membuktikan kemampuan dirinya kepada Audrey dan Scottie.

Akting Pemeran Utama yang Apik

Dakota Fanning memerankan Wendy dengan menggambarkan karakter seseorang yang kaku dalam bertindak, monoton dalam berbicara, dan kerap bicara dengan suara yang keras. Dengan keunikan yang dimilikinya, karakter Wendy sangat menarik perasaan penonton. Akting Dakota yang apik membuat penonton dapat merasakan kegelisahan yang dialami Wendy. Dakota Fanning cukup berperan karena dapat memberikan warna yang membuat film Please Stand by menjadi sangat menarik. Ditambah lagi dengan fakta bahwa jalan cerita film ini sebetulnya cukup mudah ditebak dan terkadang seperti dipaksakan, agar Wendy selalu dihadapkan pada masalah dalam perjalanannya.

Film Please Stand by adalah pilihan yang menarik bagi orang yang suka menonton film drama komedi. Film ini menawarkan suasana yang positif dan menampilkan beragam masalah yang dihadapi oleh karakter utamanya tanpa terlalu menonjolkan sisi dramatisnya. Cerita pun menjadi unik karena naskah yang ditulis oleh Wendy berfokus pada karakter Star Trek yang bernama Spock, yang berusaha mencari rumus untuk tertawa. Dalam dunia Star Trek, dikisahkan bahwa Spock adalah seseorang yang tidak memahami emosi dan hanya mementingkan logika, sehingga bersosialisai dengan orang lain juga menjadi tantangan tersendiri bagi Spock.

 

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Kerjasama dengan TA
Ads on us
Iklan Tes Deteksi
Pengenalan Autisme