Rekomendasi

Musik Hipnoterapi Untuk Anak Autistik

Penulis: Mas WOW | Sabtu, 10 Oktober 2020

Musik, diyakini mampu merangsang pertumbuhan otak pada anak. Beberapa jenis musik tertentu dapat memberikan rasa nyaman, sehingga membantu otak untuk berkembang dengan lebih baik. Dedy Ardian, seorang seniman musik dan guru tetap pada salah satu SLB di Bandung, menciptakan terapi musik bagi anak autistik.

Dedy Ardian mengklaim bahwa terapi musik lebih efektif, karena tidak membuat anak ketergantungan dan bekerja melalui bawah sadar anak. Dengan menggunakan frekuensi dan getaran dalam musik, alam bawah sadar anak akan dirangsang melalui pendengaran. Hal ini akan menyebabkan tubuh anak memberikan respon terhadap musik. Oleh karena itu, diperlukan musik dengan frekuensi tertentu untuk dapat mengendalikan anak autistik yang cenderung mudah marah dan susah untuk diarahkan.

 

Digunakan dalam Pelajaran Sekolah

Karya musik yang dibuat Dedy ini saat ini telah diaplikasikan dalam kegiatan mengajarnya di SLB Bina Kasih. Dedy menyisipkan musik ciptaannya dalam kegiatan belajar mengajarnya sehari-hari. Ia juga merasakan adanya perubahan – perubahan positif dari siswa SLB tempatnya mengajar, termasuk dalam hal konsentrasi untuk mengikuti pelajaran. Perkembangan–perkembangan ini dicatatnya dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebuah penelitian yang harus dilakukan oleh guru SLB.

Musik terapi ciptaan Dedy sudah tersedia dalam bentuk MP3 sehingga memudahkan bagi orang yang membutuhkan. MP3 musik ini bisa didapat secara gratis langsung dari Dedy sendiri. Dedy tidak menyebar musik terapinya di internet untuk menghindari pembajakan serta hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Dedy menuturkan, jika ada orangtua yang tertarik untuk menggunakan musik terapinya, ia lebih suka bertemu langsung dengan orangtua tersebut untuk memberi langsung kopiannya. Ia juga bersedia memberikan konsultasi secara cuma-cuma. "Saya membuat musik terapi untuk disebarkan ke yang membutuhkan, bukan untuk dikomersilkan," kata sarjana seni karawitan STSI (kini ISBI) Bandung yang kerap nongkrong di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung.

 

Irama Yang Berbeda Sesuai Kebutuhan Anak

Terapi musik ciptaan Dedy dikhususkan bagi anak autistik, karena pada musik ciptaannya untuk terapi ini banyak menggunakan irama yang lebih monoton dan slow, meski ada ketegangan yang tercipta lewat getaran – getaran yang panjang. Frekuensi atau getaran yang dapat membantu anak autistik diperoleh melalui penghitungan yang berbeda dalam merekam suara dari alat musik yang digunakan.

Dedy yang telah menekuni musik untuk terapi sejak 2010, awalnya tertarik dengan Singing Bowl, alat musik logam khas Tibet. Alat ini berbentuk mangkuk bulat yang dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan kayu. Alat musik Singing Bowl akan menghasilkan bunyi berdengung yang memiliki nada berbunyi E atau Mi pada tangga nada. Dengan menggabungkan teori kedokteran mengenai alfa, beta, dan lain sebagainya, nada dari alat musik direkam dengan penghitungan tertentu untuk menghasilkan musik terapi khusus bagi anak autistik.

Kemampuan musik sebagai alat terapi, lanjutnya, berdasar pada teori bahwa sistem saraf otak adalah sekumpulan atom yang terhubung satu dengan lainnya melalui jaringan otak. Syaraf otak memiliki ribuan cabang yang disebut tentacle. Tentacle inilah yang membuat manusia memiliki rasa malas, kurang pede atau pede. “Musik akan merangsang tentacle untuk membentuk molekul, misalnya untuk menghilangkan rasa tak pede," terang pria yang pernah mengenyam Etnomusikologi Medan sebelum lulus di jurusan Karawitan STSI (kini ISBI) Bandung.

Musik terapinya bekerja di bawah sadar, ketika pasien atau yang diterapi sedang tertidur. Beberapa khasiat musiknya antara lain untuk meningkatkan kecerdasan atau memperlancar gerak motorik pada anak dan menghilangkan stress.

Dedy sudah lama terlibat dalam pembuatan musik terapi. Sejak 2010, ia aktif dalam kegiatan Hipnoterapi Musik untuk pembinaan mental dan meningkatkan daya ingat anak-anak mulai umur empat tahun di Aceh, Medan, NTB dan Bandung.

 

Dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Herdiana, I. 2016. Seniman Bandung Ciptakan Terapi MP3 Gratis Untuk Autisme. Diakses pada 29 September 2018. Diakses melalui: https://bandung.merdeka.com/halo-bandung/seniman-bandung-ciptakan-terapi-mp3-gratis-untuk-autisme-160426f.html
  2. Admin. 2016. Menciptakan Musik Hypnoteraphy Demi Masa Depan Anak Difabel. Diakses pada 29 September 2018. Diakses melalui: http://kabarkampus.com/2016/05/mencipta-musik-hypnotherapy-demi-masa-depan-anak-difabel/

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Kerjasama dengan TA
Ads on us
Kritik & Saran
Pengenalan Autisme