Rekomendasi

Keys to The Heart: Kisah Hubungan Kakak Dengan Adik Penyandang Autistik

Penulis: Mas WOW | Selasa, 22 Desember 2020

Keys to The Heart adalah drama Korea yang bercerita tentang Jo-ha, seorang mantan petinju, dan Jin-tae, remaja autistik dengan bakat musik yang luar biasa. Keduanya merupakan saudara tiri dan tidak pernah saling bertemu sebelumnya. Jo-ha adalah seorang petinju amatir yang memiliki masalah temperamen. Sifatnya yang temperamental membuatnya diberhentikan dari pekerjaannya sebagi petinju. Suatu hari, Jo-ha bertemu dengan ibu kandungnya, In-sook, yang lama tidak pernah dia temui. Dari situ Jo-ha baru mengetahui bahwa dia memiliki saudara tiri autistik bernama Jin-tae.

 

Film Keys to The Heart dibintangi oleh beberapa aktor-aktris senior dan juga pendatang baru di industri hiburan Korea. Jo-ha dimainkan oleh Lee Byung-hun, seorang aktor senior yang berpengalaman dalam memerankan tokoh baik hati tetapi bertemperamen keras karena memiliki masa lalu kelam. Lee Byung-hun menjaga karakter yang dimainkannya agar memiliki karakter yang jelas sehingga penonton tetap bisa mengerti alur pemikiran tokoh Jo-ha. Jin-tae diperankan oleh Park Jung Min yang cukup berhasil dalam memerankan seorang pemuda autistik.

 

Ditinggalkan Ibu Saat Kecil

Setelah tidak diperbolehkan bertinju lagi, Jo-ha berusaha bertahan hidup dengan melakukan pekerjaan serabutan. Suatu hari dia bertemu dengan In-sook secara tak sengaja dan memutuskan untuk menerima tawarannya untuk tinggal bersama ibunya sementara waktu. Kilas balik menceritakan bagaimana In-sook meninggalkan Jo-ha ketika remaja karena tidak tahan dengan suaminya yang sering berlaku kasar. Walaupun masih kesal dengan apa yang dilakukan ibunya, Jo-ha tetap masuk ke rumah sang ibu dan bertemu dengan adik tirinya yang autistik.

 

Hubungan antara Jo-ha dan Jin-tae pada awalnya penuh dengan permasalahan, ditambah lagi Jo-ha meiliki anggapan bias mengenai JIn-tae yang autistik. Bahkan pada suatu kesempatan Jo-ha memukul Jin-tae karena kehilangan kesabaran. Jin-tae pun selalu menggunakan pelindung kepala setiap kali bertemu dengan Jo-ha. Hal ini berpengaruh pada hubungan Jo-ha dan In-sook. In-sook ingin memperbaiki hubungannya dengan Jo-ha, tetapi Jo-ha hanya tinggal bersama In-sook demi bisa menabung untuk kembali membangun hidupnya.

 

Bakat Bermusik yang Luarbiasa

Suatu hari, In-sook harus pergi untuk beberapa waktu dan terpaksa menitipkan Jin-tae kepada Jo-ha. In-sook pun menunjukkan kemampuan Jin-tae dalam bermusik kepada Jo-ha. Jin-tae akan memerlukan pendampingan dari Jo-ha karena akan mengikuti kompetisi dalam waktu dekat. Pada masa inilah Jo-ha mulai mengenal lebih dekat Jin-tae dan berbagai kemampuan yang dimilikinya. Jo-ha mulai mengenal Jin-tae yang  autistik dan sangat berbakat dalam musik, bermain game, hingga memasak mie.

 

Drama Komedi Ringan

Film Keys to The Heart adalah tipikal film yang akan menghangatkan perasaan kita. Film ini memiliki plot yang sederhana dan terkadang terkesan mudah ditebak. Namun, akting dari para pemain film mampu membuat film ini layak ditonton. Tak hanya menyajikan hubungan antara saudara yang unik, kisah film ini juga menampilkan hubungan antara ibu dan anak yang sangat menarik untuk diikuti.

 

Terlepas dari akting Lee Byung-hun yang sangat berpengalaman dalam membawakan karakter Jo-ha, Park Jung Min juga tak kalah menarik dalam membawakan peran. Dalam film ini, Park Jung Min, yang termasuk aktor junior, justru menampilkan Jin-tae yang tidak keren ataupun ganteng. Park Jung Min memfokuskan aktingnya pada penggambaran seorang autistik dengan detail. Dia memberikan perhatian lebih pada pergerakan kepala dan tangan dari Jin-tae untuk menggambarkan karakter pemuda autistik- tanpa melebih-lebihkan.

 

 

Kontributor: Mas WOW,

Penikmat film, penggemar music, dan pengagum buku

 

Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl/kfkaDARmKUTM651RA

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Kerjasama dengan TA
Ads on us
Pengenalan Autisme
Kritik & Saran