Rekomendasi

Finding Cooper’s Voice – Blog Seorang Ibu yang Menjadi Viral

Penulis: Mas WOW | Sabtu, 14 November 2020

“Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan dalam situasi itu,” demikian curahan hati Kate dalam sebuah video mengenai kejadian di sebuah taman bermain untuk anak berkebutuhan khusus. Video tersebut diunggah oleh Kate ke media sosial dan menjadi viral, memicu orang – orang untuk memberikan dukungan dan pesan positif. Hal ini turut membuat Finding Cooper’s Voice, blog yang dimiliki oleh Kate, juga ikut menjadi viral.

Kejadian yang dibahas oleh Kate dalam videonya melibatkan anaknya, Cooper (autistik non-verbal)  dengan anak lain yang juga memerlukan kebutuhan khusus. Pada suatu hari, Kate mengajak Cooper ke sebuah taman bermain di lingkungannya, yang memang ramah untuk anak berkebutuhan khusus. Di taman tersebut terdapat berbagai mainan seperti ayunan, seluncuran, dan lainnya. Ketika sedang bermain, Cooper menendang seorang anak perempuan yang sedang bersiap – siap meluncur turun. Melihat kejadian tersebut, ayah anak perempuan tersebut marah seketika dan meluapkan kemarahannya kepada Cooper. Cooper yang tidak mengerti langsung pergi meninggalkan ayah tersebut sambil tertawa bahagia. Kate pun menghampiri dan langsung menerima kemarahan dari ayah tersebut. Kate pun meminta maaf dan menjelaskan kondisi Cooper dan mengharapkan pengertian dari ayah tersebut. Sang ayah tetap tidak mau mengerti dan meminta Kate dan Cooper pergi dari taman bermain tersebut. Pengalaman ini memicu Kate untuk membuat video keluh kesah atas pengalamannya tersebut dan menggunggahnya ke media sosial. Kate sangat menyayangkan sikap ayah dari anak perempuan tersebut yang langsung marah dan tidak mau menerima permintaan maaf Kate dan memahami keadaan Cooper. Terlebih lagi, sang ayah tidak melihat keadaan sang anak perempuan, yang ternyata tidak mempermasalahkan kejadian tersebut dan terus bermain, dan langsung memarahi Cooper.

Video yang diunggah oleh Kate memperoleh banyak respon, baik dukungan maupun semangat dari pembacanya. Kate pun makin sering menuliskan pengalamannya dan mengunggahnya ke blog milikinya. Dia juga mulai menerima cerita – cerita yang dikirimkan oleh orang lain untuk dimuat ke dalam blog tersebut.

Blog untuk Berbagi Pengalaman

Blog Finding Coooper’s Voice penuh dengan cerita – cerita keseharian Kate dan keluarganya. Banyak cerita tentang pengalaman – pengalaman lucu dan juga kekhawatiran yang dimiliki oleh Kate terkait keluarganya, terutama Cooper yang autistik. Kisah seperti bagaimana Kate yang pada awalnya sangat berharap mengenai bagaimana Cooper akan suatu hari bisa menjadi dokter atau pengacara, tetapi seiring waktu, ia mengubah harapan tersebut dan berharap Cooper dapat memiliki hidup yang bahagia. Dalam cerita lain, Kate juga bercerita tentang pengalamannya dalam mencoba berbagai popok untuk Cooper yang sudah berumur 6 tahun tetapi masih memerlukan popok.

Kisah  lain yang ditulis oleh Kate adalah mengenai pengalamannya dalam menghadapi perceraiannya dengan sang suami. Kate bercerita bagaimana dia menjadi tertutup dan menyalahkan autisme atas segala hal yang dilaluinya. Dia juga menyalahkan suaminya yang tidak mendukungnya dalam berbagai upayanya ‘memerangi’ autisme. Hingga akhirnya Kate sadar, bahwa suaminya sejak awal telah menerima Cooper apa adanya dan selalu berusaha untuk ada bersama dengan anaknya, alih-alih ‘melawan’ kondisi yang dimiliki sang anak. Pada akhirnya, Kate menyadari bahwa selama ini ia terlalu terobsesi untuk melawan autisme Cooper sehingga membuatnya menjadi pribadi yang negatif. Kate pun menikah kembali dengan suaminya dan mendapatkan ketenangan dalam hatinya.

Website: www.findingcoopersvoice.com

Instagram: @findingcoopersvoice

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Kritik & Saran
Iklan Tes Deteksi
Kerjasama dengan TA
Ads on us