Rekomendasi

Film Pendek Adikku Berbeda: Mengingatkan Tentang Pentingnya Keutuhan Keluarga

Penulis: Mas WOW | Selasa, 10 November 2020

Sebuah film pendek berjudul “Adikku Berbeda” memberikan gambaran singkat mengenai dinamika sebuah keluarga ketika anggota keluarga termudanya didiagnosa autistik. Film ini menceritakan sebuah keluarga yang beranggotakan empat orang,  ayah, ibu, kakak perempuan (Ama), dan adik laki-laki (Ray). Sang kakak, Ama, adalah siswi berprestasi di sekolahnya. Sementara, sang ayah dan ibu adalah pria dan wanita karier yang bekerja untuk keluarga. Sang adik diceritakan memiliki perilaku yang cukup berbeda sehingga sulit untuk dipahami oleh anggota keluarga yang lain. Hal ini menyebabkan perhatian sang ayah dan ibu banyak difokuskan pada sang adik. Sang kakak pun merasa kurang mendapatkan perhatian.

Pada suatu kesempatan, keluarga mengetahui bahwa sang adik didiagnosa autistik. Berita ini menimbulkan banyak kekhawatiran bagi seluruh anggota keluarga yang lain. Namun, dengan mau membuka diri dan menerima keadaan sang adik, pada akhirnya anggota keluarga lainnya bahu membahu membantu sang adik dalam tumbuh kembangnya.

Pentingnya Peranan Seluruh Keluarga

Idealnya, peranan untuk mendukung anak autistik dalam tumbuh kembang dapat dijalankan oleh seluruh anggota keluarga. Anak autistik memerlukan dukungan dalam berbagai hal dalam kesehariannya. Walaupun orang tua dapat menyediakan sebagian besar kebutuhan yang diperlukan, ada beberapa kebutuhan yang hanya dapat dipahami oleh kakak atau adik dari anak autistik.

Anak autistik memerlukan perhatian lebih dari keluarganya agar dapat berkembang dan masuk ke dalam masyarakat. Orang tua tentu saja harus memberikan perhatian lebih kepada anaknya yang autistik. Namun akan sangat baik jika sang adik atau kakak juga diberikan penjelasan mengenai keadaan saudaranya serta dilibatkan dalam membantu saudaranya. Hal ini tentu akan meringankan tugas dari orang tua.

Jangan Lupakan Anak yang Lain

Film Adikku Berbeda ini juga mengingatkan orang tua untuk tidak melupakan hubungan dan tanggung jawabnya terhadap anaknya yang lain. Orang tua juga harus ingat bahwa anak mereka yang lain juga memiliki permasalahan dan memerlukan perhatian dari orang tua. Wajar saja jika orang tua cenderung memberikan perhatian lebih kepada anaknya yang autistik. Hal ini bisa saja menyebabkan anak yang lain merasa iri dan terlupakan oleh orang tua. Pembagian waktu dan pemberian atensi yang cukup harus dilakukan oleh orang tua untuk menghindari hal ini.

Sekalipun saudaranya telah diberikan pengertian mengenai kebutuhan khusus saudaranya yang lain, orang tua tetap bertanggungjawab dalam memperhatikan anaknya yang lain. Bagaimanapun, anak akan memerlukan dukungan orang tuanya untuk bisa memenuhi potensi yang dimilikinya.

Diangkat Dari Buku Karangan Dr. Sung Min

Film Adikku Berbeda diangkat dari buku Living with Autism karangan Dr Sung Min dari Institute of Mental Health (IMH) di Singapore. Film pendek ini dipublikasikan oleh London School Center for Autism Awareness (LSCAA) yang berkolaborasi dengan mahasiswa/I dari The London School of Public Relation (LSPR) Jakarta. LSCAA merupakan divisi Corporate Social Responsibility dari STIKOM LSPR Jakarta yang peduli terhadap autisme dan memberikan kampanye berkelanjutan dalam menggugah kesadaran masyarakat terhadap permasalahan autisme.

Dengan durasi sekitar 20 menit, film ini dipublikasikan pada tahun 2015 dan dapat diakses melalui web LSCAA dan Youtube (lihat tautan di bawah). Film Adikku Berbeda telah digunakan oleh LSCAA untuk mengedukasi masyarakat mengenai autisme dan pentingnya peranan keluarga dalam mendukung anak/saudaranya yang autistik.

 

Referensi:

  1. LSCAA. 2016. London School Center for Autism Awareness. Diakses pada 29 September 2018. Diakses melalui: http://autismandfriends.blogspot.com/p/blog-page_10.html
  2. LSCAA. 2015. Adikku Berbeda. Diakses pada 29 September 2018. Diakses melalui: https://www.youtube.com/watch?v=YYjOyF6wIHs

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Kritik & Saran
Pengenalan Autisme
Iklan Tes Deteksi
Kerjasama dengan TA