Rekomendasi

Aplikasi Look at Me

Penulis: Mas WOW | Kamis, 18 Maret 2021

Anak yang didiagnosa autistik, pada umumnya memperlihatkan pola perilaku, aktivitas, dan interaksi yang cenderung terbatas. Salah satu gejala autistik adalah kurangnya kemampuan bersosialisasi dan sulit melakukan kontak mata dengan orang lain. Lebih dari 60 juta orang di dunia didiagnosa autis. Namun dengan bantuan teknologi, kemampuan bersosialisasi untuk anak autistik dapat dilatih dengan menggunakan aplikasi smartphone “Look at Me” yang dikembangkan oleh Samsung.

Anak-anak autistik yang mengalami kesulitan untuk kemampuan sosial, umumnya  jarang mendekati orang lain. Pandangan mata mereka seolah ‘melewati’ orang lain atau respon lainnya adalah membalikkan badan memunggungi lawan bicara. Hanya sedikit anak dengan autisme yang lebih dulu mengajak bermain anak-anak lain. Sebagian besar biasanya tidak responsif kepada siapa pun yang mendekati mereka. Anak-anak dengan autisme terkadang melakukan kontak mata, namun pandangan mata mereka memiliki kualitas yang tidak ‘umum’. Sedangkan tidak ada obat untuk menyembuhkan hal tersebut, karena autisme bukanlah penyakit, melainkan gangguan perkembangan neurologis yang kompleks.

Saat ini, dengan kemampuan teknologi canggih pada telepon seluler dan gawai yang relatif terjangkau oleh masyarakat, terdapat aplikasi yang didesain untuk anak autistik yaitu “Look at Me”.

Ponsel untuk Mengajarkan Kemampuan Sosialisasi

Aplikasi “Look at Me” merupakan hasil kolaborasi produsen elektronik asal Korea Selatan, Samsung, dengan sejumlah dokter dan ilmuwan dari Seoul National University, Bundang Hospital dan departemen psikologi Yonsei University serta desainer applikasi di Korea Selatan. Tim ini menciptakan serangkaian permainan yang dirancang khusus untuk membantu anak penyandang autis.

Look at Me merupakan aplikasi kamera interaktif yang dirancang untuk membantu anak autistik untuk dapat membaca suasana hati orang lain, memahami ekspresi dan mengingatnya. Gambar-gambar diharapkan dapat menjadi input bagi penggunanya dalam menunjukkan ekspresi lewat kontak mata, ekspresi wajah dan gerak tubuh. Aplikasi ini tidak hanya terbatas dengan mengambil gambar wajah saja, namun dapat mengambil pose yang sesuai dengan template yang diberikan oleh aplikasi. Aplikasi ini dirancang agar memberikan suatu “goal” dengan sistem poin untuk memotivasi pengguna aplikasi dalam berkonsentrasi menyelesaikan misi yang diberikan.

Dengan aplikasi ini, diharapkan anak autistik dapat berlatih untuk berkonsentrasi. Dengan melakukan pengambilan foto dan pose, anak autistik dapat berlatih untuk memfokuskan kontak mata apabila bertemu seseorang atau bersosialisasi. Aplikasi ini juga dapat melatih anak agar tidak merasa cemas apabila bertemu dengan orang lain dan memudahkan diri untuk terlibat dalam interaksi sosial.

Menurut survei yang diungkap Samsung berdasarkan feedback orangtua, Look At Me membantu 60 persen dari 20 anak-anak yang menggunakan aplikasi tersebut selama lebih dari delapan pekan. Aplikasi ini akan membantu anak dalam meningkatkan persepsi dan ragam ekspresi seperti senang, kaget, ataupun takut.

Bisa Diunduh Gratis dengan Ponsel Android

Sebagai pengembang aplikasi Look at Me, Samsung merilis aplikasi ini secara gratis bagi para pengguna smart phone dengan OS Android. Look at Me bisa diunduh secara gratis di Google Play. Aplikasi ini tidak terbatas pada perangkat Samsung saja, namun dapat digunakan pada perangkat-perangkat yang memiliki fitur smart camera di ponsel atau gawai lainnya.

Samsung juga merilis sebuah iklan yang menyentuh hati mengenai pengalaman salah satu penggunanya dalam menggunakan aplikasi Look at Me. Dalam iklan tersebut, diceritakan kendala yang dihadapi ibu dari seorang anak autistik bernama Jong-Hyun yang ingin bisa bertatap mata dengan anaknya. Aplikasi Look at Me membantu Jong-Hyun untuk belajar mengenali ekspresi wajah dan mulai nyaman untuk berinteraksi dengan orang sekitarnya.

Berminta untuk mencobanya? Anda dapat melihat tayangan iklannya di tautan berikut ini.

 

Sumber: Cooper, D. 2014. Samsung’s Look at Me Apps Teaches Autistic Children to Communicate. Diakses pada 29 September 2018. Diakses melalui: https://www.engadget.com/2014/12/23/samsung-look-at-me-autism/

Penulis: Mas WOW | Penikmat film, penggemar musik, dan pengagum buku

Ads on us
Kerjasama dengan TA
Kritik & Saran
Pengenalan Autisme